Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Saat Interview

By | April 15, 2021
Spread the love

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan tentu saja Anda itu harus melamar pekerjaan dan mengikuti proses perekrutan karyawan yang diberikan perusahaan. Dan dalam proses untuk merekrut karyawan yang baru ini tentunya ada beberapa proses termasuk soal interview. Proses interview ini memang menjadi salah satu proses yang sering membuat orang bingung dan juga menjadi momen mendebarkan. Dan banyak sekali orang yang salah dalam menjawab, apalagi pada pertanyaan jebakan yang muncul pada saat interview. Banyak orang yang gagal dalam seleksi karyawan itu karena salah dalam menjawab pertanyaan, dan banyak juga pertanyaan jebakan juga. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa tips untuk menjawab pertanyaan jebakan ini.

Berusaha Untuk Selalu Jujur

Tips yang pertama apabila Anda melakukan interview itu adalah Anda itu harus berupaya untuk selalu jujur pada saat menjawab pertanyaan. Kejujuran itu adalah hal yang penting, tidak perlu merasa takut ataupun merasa tertekan dengan berbagai pertanyaan saat interview. Berusahalah untuk tetap jujur dengan apa yang Anda miliki dan juga Anda inginkan, namun harus tetap fleksibel dengan penawaran yang diberikan. Memang ada beberapa pertanyaan yang memang menjebak dan memberikan Anda tekanan dan bingung antara menjawab jujur atau terlihat menarik. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa pertanyaan dan bagaimana cara menjawabnya untuk tetap jujur namun juga bisa menarik. Jadi perhatikan beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Pertanyaan Soal Kelebihan Anda

Salah satu pertanyaan yang sangat menjebak pada saat melakukan interview itu adalah soal kelebihan yang Anda miliki. Kelebihan ini pun berhubungan dengan prestasi yang Anda miliki, ini terkadang menjadi pertanyaan yang menjebak. Karena bisa jadi Anda itu harus membuat perusahaan tertarik namun bagaimana untuk tetap terlihat tidak sombong. Jadi terkadang orang tidak menyampaikan semua kelebihan yang dimiliki, padahal sebenarnya sangat penting untuk jujur. Jadi sebisa mungkin Anda deskripsikan kelebihan dan juga diri Anda dengan 3 kata simpel seperti misalnya jujur, pekerja keras dan juga mau belajar. Itu adalah jawaban yang cukup menarik untuk perusahaan namun tetap menunjukkan diri Anda.

  1. Pertanyaan Soal Gaji

Pertanyaan yang kedua itu adalah soal gaji yang memang sangat menjebak dan membuat banyak orang biasanya kebingungan. Terkadang perasaan untuk bisa menarik perhatian perusahaan dan perasaan upaya untuk mendapatkan pekerjaan membuat orang salah menjawab. Karena kalau terlalu kecil maka nantinya akan menjadi masalah pada saat Anda akan bekerja nantinya di perusahaan itu. Jadi sebisa mungkin Anda jujur dengan nominal gaji yang Anda inginkan dengan mempertimbangkan beban kerja di posisi tersebut. Kejujuran ini malah jadi nilai tambah bagi perusahaan dalam melihat Anda sebenarnya, namun terkadang calon pekerja terjebak dengan pikiran sendiri.

  1. Pertanyaan Soal Alasan Tertarik Bekerja Di Perusahaan

Pertanyaan yang ketiga adalah soal alasan tertarik bekerja di perusahaan, ini juga terkadang menjadi jebakan juga lho. Karena kebanyakan orang akan berupaya untuk meninggikan perusahaan, akan tetapi malah jadi terlihat seperti menjilat. Oleh karena itu Anda sebaiknya jujur dengan kondisi diri sendiri, ini adalah hal yang sangat penting sebenarnya. Kalau memang mencari penghasilan Anda harus bilang juga mencari penghasilan dengan bekerja di perusahaan itu. Selain itu juga bisa jadi Anda memperhatikan nilai-nilai dari perusahaan tersebut yang membuat Anda tertarik untuk melamar di perusahaan. Jadi Anda harus jujur apa adanya sesuai dengan kondisi Anda, dan membuat perusahaan itu jadi tertarik dengan Anda.

Tidak Membandingkan Dengan Perusahaan Lain

Tips yang kedua adalah Anda jangan sampai membandingkan perusahaan dengan perusahaan yang lainnya atau bahkan kompetitornya. Karena terkadang Anda akan ditanya mengenai perusahaan dan pengetahuan Anda mengenai perusahaan pada saat interview kerja. Jadi terkadang Anda itu harus mengungkapkan mengenai seluk beluk perusahaan dan juga kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Meskipun mungkin memuji perusahaan tempat Anda melamar, akan tetapi lebih baik kalau tidak membandingkan dengan perusahaan yang lainnya. Anda tinggal bilang saja apa saja kelebihan dari perusahaan di mana tempat Anda melamar pekerjaan tersebut. Jadi Anda jangan bandingkan perusahaan dengan perusahaan lainnya saat ditanya soal perusahaan.

Mengetahui Dengan Baik Posisi Yang Anda Lamar

Tips yang terakhir adalah Anda harus tahu juga soal posisi yang Anda lamar dalam perusahaan tersebut, karena itu sangat penting. Banyak juga perusahaan yang menanyakan soal posisi mulai dari tanggung jawab dan lain sebagainya dari posisi tersebut. Oleh karena itulah Anda itu perlu sekali mengetahui posisi yang Anda lamar, apakah pekerjaan mulai dari tanggung jawab dan juga haknya. Jadi sebaiknya Anda ketahui dengan baik agar supaya Anda itu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan jauh lebih baik.